Angin Kencang, BMKG Ingatkan Otoritas Pelabuhan Bakauheni-Merak Waspada

 


Angin Kencang, BMKG Ingatkan Otoritas Pelabuhan Bakauheni-Merak Waspad


Lamsel (Forum) - BMKG kembali mengingatkan otoritas Pelabuhan Bakauheni-Merak untuk mewaspadai potensi angin kencang dengan kecepatan 0,5 -45 km/jam, Minggu (1/1) sore.

"Kami mengingatlam pelaku pelayaran untuk waspada menghindari kecelakaan laut," kata Wahyu Argo, petugas Prakirawan Cuaca BMKG di Posko Mobil Cuaca BMKG di Dermaga 2 Pelabuhan Merak, Banten, Minggu (1/1/2022}.

Pelaku pelayaran lintas penyeberangan Merak-Bakauheni  dapat meningkatkan kewaspadaan dengan memperhatikan kondisi cuaca demi keselamatan penumpang. 

Sebelumnya, pihak ASDP sempat menutup sementara pelayanan penyeberangan akibat cuaca buruk, Sabtu (31/12/2022) kemarin. 

Baca Juga: Truk Muatan Semen Tercebur ke Laut di Pelabuhan Merak

Kemungkinan ASDP dapat menutup kembali penyeberangan Merak-Bakauheni jika cuaca buruk disertai angin kencang dan gelombang tinggi. Selain itu juga pengguna jasa tidak memaksakan kehendak untuk menyeberang jika kondisi cuaca buruk.

"Kami mendukung layanan lintasan penyeberangan Merak-Bakauheni ditutup sementara demi keselamatan penumpang, bila cuaca buruk terjadi di selat Sunda bagian utara," kata dia.

Ia menyebut, tinggi gelombang di Merak-Bakauheni diperkirakan antara 0,5 - 2,0 meter. Selain itu pada sore hari dilanda hujan dengan intensitas ringan dan tiupan angin dari arah barat daya - barat laut dengan kecepatan 5-40 km/jam.

Namun, secara umum diperkirakan berawan dan angin bergerak dari arah barat laut dengan kecepatan mencapai 5-20 km/jam. Sementara itu, pada siang hari ini hingga menjelang sore hari akan terjadi hujan dengan intensitas ringan dan terdapat potensi peningkatan kecepatan angin mencapai 05-45 km/jam.

"Kami terus menginformasikan cuaca kepada otoritas Pelabuhan Merak untuk melayani masyarakat pengguna jasa angkutan Natal dan tahun baru (nataru) agar selamat sampai tujuan," katanya. (FS-05)


Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama