Nasib 23 Mahasiswa Kasus Suap Unila akan Ditentukan Setelah Ada Putusan Pengadilan

Nasib 23 Mahasiswa Kasus Suap Unila akan Ditentukan Setelah Ada Putusan Pengadilan


Bandar Lampung (Forum) - Universitas Lampung akan menentukan nasib 23 mahasiswa Unila yang diduga hasil suap dalam perkara suap rektor Unila setelah ada putusan pengadilan yang berkekuatan hukum.

Wakil Rektor I Bidang Akademik Unila Prof Murhadi mengatakan ke 23 mahasiswa itu akan diputuskan dengan mengacu hasil putusan hukum terhadap terdakwa Karomani.

"Saya belum tahu soal itu (nasib 23 mahasiswa). Penentunya tetap rektor. Kita akan tunggu sampai ada keputusan hukum," terangnya.

Oleh karenanya, untuk menentukan status 23 mahasiswa tersebut selain menunggu keputusan hukum, juga harus berdasarkan peraturan yang sah.

"Maka semua itu harus berdasarkan peraturan yang sahih, solid dan official," jelasnya.

Menurutnya, setelah ada keputusan hukum tetap, Rektor akan laporan ke Kemendikbud untuk menentukan status mahasiswa tersebut.

"Nanti pak rektor, entah rektor sekarang atau rektor yang baru nanti akan laporan ke pusat dan menanyakan bagaimana statusnya (mahasiswa) apakah disuruh mengundurkan diri atau seperti apa. Tapi ini menurut pemikiran saya ya, perlu dicatat. Bukan kesimpulan," ujarnya.

Namun menurutnya untuk menentukan status mahasiswa tersebut, ada beberapa opsi jika nantinya keputusan hukum telah ditetapkan.

Baca Juga: Makmur, Ekosistem Pertanian untuk Kesejahteraan Petani Indonesia

"Menurut pemikiran saya kayaknya salah satunya mengundurkan diri selayaknya atau yang kedua mungkin kita tetapkan aturan kalau IP nya di bawah dua, secara alami tidak layak untuk meneruskan studi, nah tetapi kalau IP nya di atas tiga itu jadi pertimbangan juga, tapi kita akan telusuri juga passing grade nya, kalau memang dia di atas passing grade kemudian hasil semester 1 ini cemerlang ya why not," ungkapnya.

Meski begitu, ia menegaskan jika keputusan yang akan diambil oleh Unila akan menunggu hasil keputusan hukum tetap terlebih dahulu. (FB-07)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama