Kunjungan ke Lampung, Menteri Perdagangan Borong Produk UMKM

Kunjungan ke Lampung, Menteri Perdagangan Borong Produk UMKM


Bandar Lampung (Forum) - Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan melakukan kunjungan ke Lampung, Rabu (28/12). Dalam lawatannya itu, Zulkifli Hasan memborong produk UMKM yang ada di PKOR Way Halim, Bandar Lampung.

Saat itu, Mendag sempat mengunjungi tiap-tiap stand UKM/IKM kerajinan khas Lampung maupun kuliner. Tak hanya itu, dia juga membeli sejumlah bahan pokok seperti cabai, telur ayam dan minyak goreng.

Menteri Perdagangan RI Zulkifli Hasan dalam kunjungannya mengatakan, UKM/IKM di Lampung harus meningkatkan daya saingnya, di Kementerian Perdagangan, kata Zulhas ada empat pilar perdagangan.

"Empat pilar itu pertama UMKM, lalu akses digitalisasi berupa marketplace, kemudian akses pembiayaan melalui perbankan dan terakhir akses kemitraan melalui ritel modern," kata Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan.

Baca Juga: Nunggak Listrik, Oknum Petugas PLN Diduga Aniaya Pelanggan

Menurut Zulhas, di Lampung ada banyak retail modern, seharusnya retail modern tersebut dapat memaksimalkan produk UKM/IKM yang ada di Lampung.

"Retail modern disuplai oleh UKM/IKM di daerah, nanti UKM/IKM nya akan berkembang, dari situ retail modern nya untung juga. Ini kan di Lampung banyak ada keripik, buah, kopi dan segala macam," ujar Zulhas.

Dia menambahkan, jika retail modern mempunyai logistik yang kuat, seharusnya bisa membantu toko kelontong untuk menyuplai kebutuhan bahan pokok.

"Misalnya minyak goreng, gula maupun tepung dan sebagainya itu disuplai dengan harga grosir yang murah sehingga warung emak-emak bisa berkembang. Nah retail modern nya untung juga karena adanya efisiensi. Ini sekarang lagi kita kembangkan," jelasnya.

Dalam kunjungan kerja ini, Zulhas juga mendukung program-progam yang dijalankan oleh Gubernur Lampung Arinal Djunaidi dalam meningkatkan UKM/IKM di Lampung.

Zulhas menegaskan bahwa dalam upaya meningkatkan UKM/IKM diperlukan kerja sama baik dari bupati/wali kota, Gubernur, hingga tingkat kementerian dan lainnya.

Diketahui, dalam kegiatan yang dihadiri oleh Menteri Perdagangan Zulkifli Hasan, Pemprov Lampung selain menggelar pasar murah bahan pokok dan bazar UKM/IKM, juga dilakukan launching aplikasi galeri Sikam serta penyerahan bantuan usaha apresiasi IKM. (FB-07)

Posting Komentar

Lebih baru Lebih lama